‘Tugas penting’ Orang Tua

Standard

Sering denger ga kalimat ini ketika orang tua kita sebel sama kita karena kita ga nurut (kira-kira lah ya ga nurut nya karena apa, case nya variatif) “aahh ya sudah kalo maksa, kita ni orang tua sudah tua, kuno, ga ngerti perkembangan, bisanya ya cuma berdoa aja lah” tapi ngomongnya sambil sebel n jutek gitu plus sinis heehehe.

Naaaahhh, dulu saya itu jadi anak suka nya ngelawaaaaannn mulu sama orang tua. ngelawannya sih intinya ga setuju dengan mau dan cara rang tua. misal, disuruh masuk IPA biar nanti daptar kedokteran trus jadi PNS dokter atau dosen jadi kerjanya santai tetep bisa ngurus anak (begitu kemauan Ayah saya) atau, masuk IPA biar kuliah ke jurusan mana aja bisa trus kerja juga gampang (begitu bayangan Mama saya). Saya??? ya ngelawan semua, karena saya merasa ga cocok dengan kemauan mereka, tanpa mereka ber-DIALOG dengan saya :)

Kembali ke kalimat dalam tanda petik diatas nih. Menurut saya yang sekarang sudah jadi orang tua, anaknya dua pulak (ketauan deehh) kalo emang merasa orang tua hanya punya doa, ya berdoalah yang baik. Buat anaknya kan, masak sih anaknya dikutuk…aah tega deh. “kamu tuh anak ya harus nurut sama orang tua, dikasih tau yang baik kok ga mau, mau jadi apa kamu” nahh lo….malah ditanya mau jadi apa. Saya sih, karena dulu merasa tidak mendapatkan “didikan” yang baik, karena dulu penuh “ancaman” dan “kutukan” jadi sekarang berusaha untuk menjauhi semua itu. Sekarang sudah sedikit bisa berpikir jernih berkat buku-buku tentang parenting dan seminar-seminar. plus ngikutin web or twitter tentang parenting. Nah, jadi maklum kan sekarang knp orang tua saya dulu tidak bisa berlaku bijak :) mereka belum mengenal buku-buku parenting. apalagi web or twitter, ya ga mungkin juga lah jelasss.

jadi…kalo sekarang nih para orang tua yang sekiranya seumuran saya, punya anak 2 atau lebih lah yaa hihihihii (keukeh ga mau nyebutin umur) dan masih mengatakan bahasa-bahasa bertandakutip seperti diatas, harus lebih banyak baca buku parenting, ikut talkshow or ngikutin web or twitter (saran aja sih ya ini, instead of belajar dari lingkungan juga bisa)

Kalau kita emang merasa jadi orang tua, ya jadilah orang tua yang dicintai anak-anak tanpa ancaman. cinta, sayang karena anda, karena karisma anda, karena anak-anak anda memang ga bisa hidup tanpa kalian, karena anak-anak anda memang merasa ‘galau’ kalau ga ngobrol sama orang tuaya. mengayomi, merangkul. begitu deh kira-kira nya. Saya sih….masih belajar hehehehe, jaaauuuhhhhh masih harus banyak belajar, soalnya saya juga agak temperamen (agak lho yaaa, soalnya sudah jauh lbh sabar berkat ilmu parenting hihihi). Kalau emang dibilang doa orang tua itu manjur, ya berdoa lah yang baik-baik utnuk anak-anak kita. “tapi aku tuh sebel, anaku tuh ga mau nurut jadi kadang aku emosi deh kalo udah ngeyel gitu” hmmmmmm……Children have never been very good at listening to their elders, but they have never failed to imitate them. jadiiiii…….nurun siapa yaaaa hohohohoho (setiap anak ku mulai ‘ngeyel’ langsung deh cepet-cepet ngaca trus buka buku parenting lagi, biar sadar diri aja :p)

Great children comes from Great Family! Kalau mau mengukur kesuksesan kita sebagai orang tua, lihatlah anak cucu kita beberapa tahun kemudian, semakin anak cucu kita berguna bagi lingkungan, tidak bergantung pada orang tua pada usia tertentu (mandiri secara lahir bathin, financial maupun sikap), berguna bagi keluarga serta dicintai di keluarganya kelak, insyallah kita sebagai orangtua bisa disebut sukses sodara-sodara…yuukkkk belajar jadi orang tua yang bijak. Sebuah negara akan menjadi baik jika generasi mudanya juga baik. Mengutip tag nya Ayah edi : Indonesia strong from Home. Buat rumah menjadi tempat berkreasi, berkasih mesra, berekreasi, beribadah dan belajar bersama.ImageImageImage

Leave a Reply

